Rabu, 11 Januari 2017

Pesona Mangrov Kampung Laut Cilacap

Kampung Laut 
Tempat yang cukup eksotis pada salah satu laguna terbesar di Indonesia yang masih menyimpan rimbunan hutan mangrove dan merupakan satu-satunya hutan mangrove yang masih ada di kawasan Asia, yaitu Laguna Segara Anakan. Laguna ini terdapat di Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.


Kampung Laut merupakan nama sebuah kecamatan yang berada di sebelah ujung Barat Pulau Nusakambangan, tepatnya di Desa Klaces. Kampung Laut terdiri dari empat kelurahan atau desa, masing-masing adalah Desa Ujungalang, Ujung Gagak, Panikel, dan Klaces yang menjadi Kecamatan Kampung Laut.



Jembatan di Kawasan Mangrov
Kampung Laut dapat ditempuh melalui perjalanan darat dan laut. Jika melalui darat, bisa menggunakan jalur dari pelabuhan penyeberangan Tanjung Intan atau Pelabuhan Batre yang menuju ke Pulau Nusakambangan. Waktu yang ditempuh sekitar 1 jam bila menggunakan sepeda motor. compreng atau jungkung. Compreng merupakan kapal trayek yang bisa memuat lebih dari 20 penumpang. Jika hendak ke Kampung Laut, kita bisa menggunakan compreng tersebut dengan waktu perjalanan 1,5-2 jam dari Pelabuhan Seleko Cilacap.

Adapun jalur laut yang dapat ditempuh menggunakan
Dari Pelabuhan Seleko menuju ke Kampung Laut Anda akan melintas di sepanjang kaki bukit Pulau Nusakambangan serta perairan Laguna Segara Anakan. Di kapal Anda akan melihat pula eloknya hutan bakau yang tumbuh di kawasan Segara Anakan. Anda juga akan melewati sebuah desa sebelum sampai di Kampung Laut (Desa Klaces), nama desanya adalah Desa Ujungalang. 


Rambu Lalu Lintas di Kawasan Mangrove











Dalam setiap perjalanan kita dapat menikmati pemandangan mangrove .

Melintasi laguna segara anakan di kampung laut ini banyak percabangan aliran dimana-mana, seperti halnya jalur lalu lintas didarat disini juga ada rambu-rambu lalu lintas lo! ada rambu yang menerangkan awas ada pusaran air, ada juga awas persimpangan, awas jalanan berbelok.

Gardu Pandang Untuk Melihat Hijaunya Mangrove Segara Anakan Cilacap





Tidak ada komentar:

Posting Komentar